Empat polisi berkuda/RMO

Ribuan masyarakat dari berbagai daerah berbondong-bondong memadati Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin untu berolahraga pagi.

Mereka datang tiap akhir pekan lantaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar car free day dengan menutup akses jalan tersebut dengan tujuan mengurangi polusi udara.

Warga DKI Jakarta bisa menghabiskan waktu luang tanpa terganggu kendaraan bermotor sejak pukul 06.00 hingga 10.00 saat car free day. Tak sedikit dari mereka yang datang membawa serta keluarga dengan bersepeda, berlari, bahkan ada yang hanya berfoto di momen hari bebas kendaraan.

TNI, Polisi, Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan dan juga Satpol PP diturunkan untuk menjaga stabilitas keamanan saat car free day.

Di car free day kali ini, perhatian publik tertuju pada kehadiran polisi berkuda. Sebanyak empat ekor kuda berwarna cokelat dengan hiasan tanduk putih bertulis “Polri” ditunggangi oleh polwan cantik dan polisi tampan berseragam polisi. Selain berompi hijau, mereka juga mengenakan helm layaknya khusus penunggang kuda dan sepatu bot warna hitam.

Kuda bertubuh kekar itu berusia dari rentang 10 hingga 12 tahun. Keempatnya didatangkan dari markas di Kelapa Dua Depok, sejak pagi kemudian berkeliling di wilayah Monas hingga bundaran HI.

Warga yang melihat polisi berkuda patroli di CFD tidak tingga diam. Mereka berebut mengabadikan momen tersebut. Ada pula yang meminta anak mereka menaiki kuda dengan tinggi hampir dua meter itu.

Para polisi penunggang kuda dengan senang hati mengamini permintaan warga.

Respon warga saat berselfie pun unik. Ada yang takut karena kekar dan besarnya kuda, adapula yang tak mau turun dari kuda dan ingin berkeliling di atas pelanak kuda bersama polisi.

Anggota kepolisian dari Direktorat Polisi Satwa Ditsabhara Baharkam Mabes Polri Iptu Kukuh menyampaikan kehadiran polisi berkuda di CFD ini dalam rangka tugas pengamanan.

“Kita melaksanakan patroli rutin setiap hari minggu dalam rangka car free day. Kita aktif, kita membawa empat ekor kuda ke sini setiap pekan sejak tahun 2017,” ucap Iptu Kukuh dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (22/12).

Selain itu, lanjut Kukuh, Polisi Berkuda ini juga dihadirkan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai adanya polisi satwa dan juga untuk menghibur warga yang berada di CFD.

“Betul, ini juga sekaligus sosialisasi kepada masyarakat tentang kepolisian berkuda, hiburannya kita memperbolehkan anak-anak untuk menaiki kuda,” tandasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here