23.9 C
Bandar Lampung
Selasa 4 Agustus, 2020 04:06 WIB
Beranda DAERAH Empat Perusahaan Tambak Di Tanggamus Diduga Langgar Aturan

Empat Perusahaan Tambak Di Tanggamus Diduga Langgar Aturan

Masyarakat sekitar perusahaan tambak udang di Kecamatan Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus, mempertanyakan pengolahan limbah tambak yang diduga tidak memiliki instalasi limbah.

Warga setempat mengatakan, ada empat perusahaan tambak udang yang terletak di Pekon Waykhilau, Tengor, dan Pekondoh.

Menurut dia, warga mempertanyakan izin usaha tambak udang tersebut, apakah sudah memenuhi sarat Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) atau tidak. Karena menurut dia, limbah tambak tersebut menimbulkan bau busuk yang sangat mengangu warga sekitar.

Keluhan warga itu direspon positif oleh angota komisi III DPRD Tanggamus, Johny Wahyudi. Dia mengatakan, bersama koleganya di parlemen akan turun ke lokasi tambak, untuk memastikan kebenaran laporan warga.

Laporan warga katanya, jarak bibir pantai ke lokasi tambak kurang dari 300 meter, seperti tambak udang yang ada di Pekon Waykhilau jarak dari bibir pantainya hanya 18 meter, tambak di Pekon Tengor sekitar 31 meter, Pekon Tengor (Karang Bebai) 9 meter, begitu juga tambak yang ada di Pekondoh (Waybangik) hanya berjarak sekitar 25 meter dari bibir pantai.

“Kalau mengacu ketentuan Direktorat Jendral Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, batas dari bibir pantai mulai dari 300 sampai 1000 meter,” ujarnya, Minggu (12/7).

Menurutnya, kalau benar apa yang dilaporkan warga, berarti tambak tersebut tidak mengutamakan lingkungan sesuai dengan amanah UU Budidaya dan Permen KKP No 28 tahun 2004. Yang salah satunya mengatur daerah penyanga kawasan vegetasi mangrove dengan rasio minimal 20%.

Dia mengtakan, sebagai anggota legislatif mereka akan melakukan fungsi pengawasan dan kontrol, dengan melakukan investigasi.

“Kalau nanti ditemukan perusahaan tambak itu benar tidak mematuhi UU Budidaya dan Permen KKP, maka kami akan meminta Dinas Perizinan dan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk melakukan tindakan,” katanya.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Youtube Hapus Tayangan Berlokasi Di Pulau Tegal Mas Soal Obat Covid-19

Youtube menghapus video wawancara antara musisi Anji (Erdian Aji Prihartanto) dengan Hadi Pranoto yang mengklaim temukan obat sembuhkan pasien positif Covid-19. Video yang diambil dari...

Seorang Wanita Bakar Bendera Merah Putih Dan Kibarkan Bendera Belanda

Seorang wanita membakar Bendera Merah Putih serta mengibarkan Bendera Belanda di Kelurahan Sribasuki, Kecamatan Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara. Man Astutiningtyas (30),  perempuan tersebut, mengaku bakar...

BPN Tanggamus Kurban 3 Sapi Dan 3 Kambing

   Untuk berbagi kepada sesama saat Idul Adha 1441 H, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanggamus berkurban 3 ekor sapi...

Inilah 5 Eselon II Dan 2 Eselon III Pemprov Lampung Yang Baru Dilantik

   Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, melantik tujuh pejabat di lingkungan Provinsi Lampung, Senin...
Translate »