25.5 C
Bandar Lampung
Kamis 16 Juli, 2020 07:52 WIB
Beranda DAERAH Dua Pekon Di Pematang Sawa Banjir Rob

Dua Pekon Di Pematang Sawa Banjir Rob

Banjir rob akibat naiknya permukaan laut menggenangi Pekon Tikhom dan Pekon Karang Bereak di seberang laut, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, sejak lebaran pertama, Minggu (24/5) lalu.

Kepada kantor berita RMOLLampung, Dede warga setempat, melalui pesan whatsapp mengatakan, pada lebaran pertama air laut naik dan menggenangi permukiman dan 25 rumah warga, dengan ketinggian sebatas lutut orang dewasa.

Ia mengatakan, saat ini sudah ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah kerabat yang lebih tinggi dan akan pulang setelah banjir rob surut. “Tidak ada korban dalam kejadian tersebut,” jelasnya, Rabu (27/5).

Menurutnya, permukiman warga di pekon mereka dekat sekali dengan bibir pantai. Karenanya warga setempat berharap ada pembangunan tangul, atau bronjong pemecah ombak di bibir pantai untuk mengantisipasi naiknya air laut.

Saat dikonfirmasi di ruang kerjanya di kantor camat pematang sawa, Pj Pekon Tikhom, Fendi, mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari aparatnya tadi pagi, ia langsung memerintahkan aparaturnya untuk membantu, dan mendata warga yang rumahnya tergenang banjir rob.

Dalam waktu dekat dia akan turun ke pekon tikhom (seberang) untuk ikut membantu dan mendata warga yang terdampat, untuk membuat laporan ke camat setempat.

Camat Pematang Sawa, Agus Somad mengatakan, baru dapat informasi pagi ini.

“saya akan segera melakukan koordinsi pihak pekon setempat, sejauh mana kejadian dan kerugaian yang ditimbulkan, data yang kami dapat akan di laporkan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus, ” ujarnya.

Dia berharap kepada warga setempat, khususnya yang berada dibibir pantai agar lebih waspada, karena musibah tidak mengetahui kapan akan terjadi, apalagi saat ini air laut sering pasang.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Melawan Arus, Ketua PAN Tanggamus Tetap ‘Pede’ Nyalon Ketua PAN Lampung

 Isu perpecahan di internal Partai Amanat Nasional (PAN) Tanggamus, mengemuka jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 PAN Lampung.

Stunting Masih Tinggi, Bupati Minta PKK Dan Posyandu Tanggamus Lebih Aktif

 Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama wakilnya Hi. AM.Syafii, menghadiri sekaligus me-launching Penyerahan Bantuan Dana Operasional dan Pakaian Olahraga...

Mantan Pj Kakon Betung Pematang Sawa Diminta Kembalikan Aset Pekon

 Sejak dilantik tiga bulan lalu sebagai Penjabat Kepala Pekon (Kakon) Betung Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, tepatnya Senin...

Inspektorat Tanggamus Buka Kemungkinan Periksa Kepala SDN 1 Tiyuhmemon

 Inspektorat Kabupaten Tanggamus merasa miris dengan adanya tiga guru dengan status Tenaga Harian Lepas (THL) 5 tahun hanya...
Translate »