23.3 C
Bandar Lampung
Sabtu 6 Juni, 2020 02:15 WIB
Beranda DAERAH DPRD Rencana Panggil BPN Soal Dugaan Salah Prosedur Sertifikat

DPRD Rencana Panggil BPN Soal Dugaan Salah Prosedur Sertifikat

Komisi 1 DPRD Tanggamus membuka kemungkinan pemanggilan terhadap Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, terkait penerbitan sertifikat tanah yang diduga tidak sesuai prosedur di Pekon Talangpadang, Kecamatan Talangpadang.

Klik: BPN Tanggamus Diduga Salahi Prosedur Terbitkan Sertifikat

Anggota Komisi 1 Yoyok Sulistyo mengatakan, mengacu peraturan pertanahan, sertifikat itu bisa dibatalkan sebelum lima tahun terhitung sejak penerbitannya. Lewat dari itu, tidak bisa lagi digugat bahkan dibatalkan.

Dalam hal kemitraan Komisi 1 dengan ATR BPN, saat ini hanya sebatas koordinasi.

“ATR BPN berada dibawah OPD yang menjadi kemitraan Komisi 1, tetapi kita masih bisa melakukan pememangilan untuk meminta keterangan berdasarkan UU keterbukaan informasi publik,” jelas Yoyok kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (6/3).

Menurutnya, dasar pemangilan itu aduan masyarakat, atau dengan adanya pemberitaan media. Sebagai wakil rakyat bisa memfasilitasi, dan mendampingi masyarakat yang merasa dirugikan.

“Memang disetiap ada kegiatan, BPN tidak pernah berkoordinasi dengan kita, bahkan dulu saya pernah menanyakan ke posko mereka yang ada di kecamatan Gisting, mereka malah ketakutan,” ujarnya.

Ia mengatakan, peogram PTSL ini memang banyak terjadi permasalahan, mulai dari besaran biaya yang ditarik, juga kurang jelasnya cara kerja panitia.

“Saya mengimbau kepada pihak terkait, agar memberikan informasi yang sejujur-jujurnya, tentang kepemilikan dan juga batas-batas tanah yang dimiliki warga, jangan sampai memasukan wilayah tetanga, saat memberikan laporan ke BPN,” ujarnya.

Untuk BPN, diharapkan bekerja seauai SOP, jangan jadi salah karena informasi yang didapat dari pokmas tidak tepat.

“Harus benar-benar melakukan kroscek di lapangan, teliti batas-batas dengan tetanga kiri kanan pemohon, jangan sampai main tembak aja, dan merugikan banyak pihak,” harapnya.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...

Pemkab Tanggamus Keluarkan Surat Edaran Tentang Ibadah Di Masa Pandemi

  Menyikapi perkembangan kebijakan dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Pemkab Tanggamus mengeluarkan Surat Edaran tentang penyelenggaraan kegiatan keagamaan...

Pemkab Tanggamus Keluarkan Surat Edaran Keberlangsungan Usaha Di Tengah Pandemi

 Menyikapi perkembangan kebijakan dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Pemkab Tanggamus mengeluarkan Surat Edaran, guna mendukung keberlangsungan usaha.

Pohon Tumbang Tutup Setengah Jalinbar Di Kotaagung Barat

 Pohon besar di pinggir jalan lintas barat (Jalinbar) tepatnya di ujung jembatan Wayawi Pekon Negarabatin, Kecamatan Kotaagung Barat,...
Translate »