23.3 C
Bandar Lampung
Sabtu 6 Juni, 2020 02:18 WIB
Beranda DAERAH Dari Lapas, Residivis Ngaku Humas Polda Lampung Tipu Warga

Dari Lapas, Residivis Ngaku Humas Polda Lampung Tipu Warga

Napi Lapas Waykanan menipu seorang warga yang kali ini dengan mengaku dirinya sebagai Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Pandra Arsyad.

Reza Falepi (26), yang masuk sel karena kasus penipuan sebelumnya, kali ini menipu Rodial (33) lewat transfer ATM Rp6 juta, warga Kabupaten Tanggamus.

“Pelaku cari peluang, ada niat dan kesempatan,” ujar Kombes Pol Pandra Arsyad kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat sore (27/3).

Dia mengingatkan warga jangan mudah percaya pada seseorang yang mengaku anggota kepolisian atau pejabat forkopinda lainnya.

Polisi tengah memeriksa tersangka/Ist

Informasi apapun yang menjanjikan kemudahan dalam urusan tertentu, masyarakat jangan mudah percaya, kata Kombes Pol. Pandra.

“Jika merasa ada yang memanfaatkan nama saya, kroscek melalui lolsek atau polres benar nomor saya atau bukan, jangan lekas percaya,” tandasnya.

Modus penipuan seperti itu, menurutnya, kerap terjadi di daerah atau kabupaten karena minimnya informasi yang didapat masyarakat.

“Untuk masyarakat di 15 kabupaten/kota, saya berharap tidak mudah percaya dengan iming-iming apapun atas nama kepolisian,” tambahnya.

Kombes Pol. Pandra dan kampanye pemberantasan wabah covid-19/Humas Polda Lampung

Saat ini, pelaku masih berada Lapas Waykanan dan menunggu proses perpindahan ke Lapas Kabupaten Tanggamus untuk penyelidikannya.

Reza Falepi, warga Pekon Bajaragung Kecamatan Limau, Kabupaten Tanggamus, resedivis sejumlah perkara penipuan dan penggelapan.

Pada tahun 2017, dia mengaku Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Hendra Saputra untuk menipu sejumlah warga Pugung.

Keluar penjara 2018, ia mengaku sebagai buser Polres Tanggamus dan menggasak sepeda motor di Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu.

Saat menjalani hukuman di Rutan Kotaagung tahun 2018, ia mengaku calon bupati Tanggamus dan meminta uang kepada para pengusaha.

Pelaku terancam pasal 378 KUHP sanksi maksimal empat tahun penjara ditambah dua pertiga karena residivis, kata Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Hendra Saputra.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

New Normal, Polda Lampung Siapkan SOP Disiplinkan Masyarakat

 Polda Lampung siap memasuki tahapan tatanan baru atau kenormalan baru (new normal). Menurut Kabid Humas...

Sigap Puting Beliung, 14 Personel Polres Tuba Terima Penghargaan

 Sebanyak 14 personel Polres Tulangbawang (Tuba) menerima penghargaan dari Polda Lampung, atas prestasinya dalam penanganan dan pertolongan bencana...

Travel Gelap Lewat Lampung, Bakal Dikandangkan Dan Didenda

Mobil travel gelap masih nekat mengangkut penumpang lewat Lampung? Siap-siap saja ditilang dan mobilnya dikandangkan satu bulan. Sat-PJR Ditlantas Polda Lampung telah mengamankan puluhan travel...

Dari Jambi, Bus AKAP Tujuan Jawa Tengah Diminta Putar Balik

 Personel Opetasi Ketupat Krakatau 2020 di titik Agung Batin, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji meminta Bus Antar Kota...
Translate ┬╗