23.1 C
Bandar Lampung
Minggu 12 Juli, 2020 03:01 WIB
Beranda Corona Masuk Indonesia, JMSI Ajak Media Siber Jaga Kejernihan Informasi
Array

Corona Masuk Indonesia, JMSI Ajak Media Siber Jaga Kejernihan Informasi

Media Siber di Indonesia diajak untuk ikut aktif membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi kasus virus Corona yang sudah ditemukan di Indonesia.

Di tengah berbagai informasi yang berkembang, khususnya yang diproduksi anggota masyarakat melalui jejaring media sosial, pengelola ruang redaksi media siber diharapkan berperan sebagai penjernih informasi sehingga publik terjauhkan dari kabar bohong atau hoax.

Demikian disampaikan Plt. Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Mahmud Marhaba dalam keterangan di Jakarta, Senin (02/03).

Pernyataan itu disampaikan Mahmud Marhaba setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 pertama yang terjadi di Indonesia yang dialami oleh seorang ibu dan anaknya. Keduanya adalah warga Depok yang terjangkit virus Corona di Jakarta.

ÔÇ£Kami mengapresiasi gerak cepat pemerintah mengumumkan kasus virus Corona pertama di Indonesia. Ini alarm yang sangat serius, yang harus kita hadapi bersama,ÔÇØ ujar Mahmud Marhaba.

Dia juga mengatakan, kepanikan di tengah masyarakat yang dipicu oleh informasi yang tidak jelas dan tidak benar sering kali membuat situasi semakin buruk. Karena itu, ruang redaksi media siber harus bekerja ekstra sungguh-sungguh dalam menjalankan kewajiban jurnalistik.

ÔÇ£Sensasionalisme harus ditinggalkan. Tidak ada tempat pada upaya membesar-besarkan masalah hanya untuk click bait. Masyarakat dan kita semua memiliki hak untuk mendapatkan berita yang benar dan apa adanya tanpa bumbu sensasi,ÔÇØ ujar dia lagi.

Mahmud juga mengatakan, pihaknya bersedia menjadi partner pemerintah untuk mendistribusikan informasi yang dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi penyebaran virus Corona ini.

Diketahui, JMSI merupakan organisasi perusahaan media siber yang dideklarasikan di sela perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 8 Februari 2020. Saat ini JMSI telah memiliki 300 anggota yang tersebar di 24 provinsi.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Polresta Ajak Pengunjung Mall Disiplin Protokol Kesehatan

Polresta Bandarlampung mengajak pengunjung mall disiplin terapkan protokoler kesehatan. Bersama para polwan Satlantas, Kapolresta Kombes Yan Budi menemui warga di Mall Bumi Kedaton (MBK), Sabtu...

Rekom Golkar Untuk Tony Di Lamsel Dan Adipati Di Waykanan Keluar Besok

 DPP Partai Golkar memanggil dua pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati untuk menandatangani pakta integritas, di Kantor DPP...

Banner Dan Leaflet Maklumat Kapolri Terkait Covid-19 Dicopot

 Maklumat Kapolri No: MAK/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19, telah...

Subki E Harun Di Mata Zainal Abidin, Alzier, Hingga Sopirnya

Zainal Abidin Pagaralam, mantan gubernur kedua Lampung, sangat terkesan dengan Subki E Harun sejak masih kuliah jurusan ekonomi di Universitas Gajah Mada (UGM). Setahun jelang...
Translate »