23.8 C
Bandar Lampung
Rabu 3 Juni, 2020 09:05 WIB
Beranda DAERAH Bupati Serahkan Bantuan Rehab 46 Rumah Korban Banjir Semaka

Bupati Serahkan Bantuan Rehab 46 Rumah Korban Banjir Semaka

Sejumlah warga korban bencana di Kecamatan Semaka, khususnya di Pekon Way Kerap, Sedayu, Pardawaras, yang rumahnya rusak akibat diterjang banjir dan tanah longsor beberapa waktu yang lalu, akhirnya bisa bernapas lega.

Hal itu karena Bupati Tanggamus Dewi Handajani telah memberikan secara simbolis bantuan pembangunan rumah-rumah penduduk yang rusak, yang dipusatkan di Pekon Way Kerap, Kecamatan Semaka, Kamis (13/2).

Kadis PUPR Riswanda Djunaidi dalam laporannya mengatakan, bantuan yang diberikan dilaksanakan melalui kegiatan Pemugaran Perumahan Masyarakat (PPM) Dinas PUPR Tanggamus Tahun 2020.

Dengan tujuan membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk membangun rumah dari rumah yang tidak layak huni menjadi rumah yang layak huni, serta sasaran lainnya para korban bencana.

Riswanda menerangkan, penerima bantuan terdiri dari 46 rumah, dengan rincian 41 rumah di Pekon Way Kerap, 4 rumah di Pekon Pardawaras dan 1 rumah di Pekon Sedayu. Dengan jumlah bantuan masing masing rumah sebesar Rp 17,5 juta bagi kategori rumah rusak berat, yang alokasinya Rp 15 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Riswanda menambahkan selaku pelaksana teknis pekerjaan dari Dinas PUPR dan bantuan pelaksana pembangunan di lapangan dari Kodim 0424, serta semua pihak.

“Peran Kodim 0424 sangat berperan penuh sebagai pelaksana di lapangan dalam kegiatan rehab serta pembangunan rumah,” jelasnya.

Bupati mengatakan bantuan bedah rumah bagi masyarakat yang terdampak banjir bandang ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Tanggamus.

“Semoga ini dapat meringankan beban masyarakat yang sedang kesusahan akibat bencana banjir,” ujar Bupati.

Bupati melanjutkan, bahwa segala bantuan yang diberikan Pemda sejatinya tidak menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

“Dalam hal ini banjir bandang di wilayah Kecamatan Semaka yang selalu terjadi. Mari kita berinstropeksi, apa yang Pemda lakukan yakni memberikan bantuan adalah upaya menghilangkan “rasa nyeri” sebentar, tapi tidak menyelesaikan akar permasalahannya,” katanya.

Bupati juga mengapresiasi peran Kodim 0424 Tanggamus yang telah membantu dalam proses rehab rumah warga terdampak banjir.

“Terlibatnya personel Kodim 0424 dalam bedah rumah ini menunjukkan sinergitas program antara Pemkab dengan Kodim, dan ini sebagai bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” ujar Bupati.

Sementara Komandan Kodim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo mengatakan bahwa dalam bedah rumah ini yang bisa dilakukan jajaran Kodim 0424 adalah membantu melalui tenaga.

“Ada lima tim yang ditugaskan untuk proses bedah rumah ini. Untuk satu rumah ditangani satu tim dengan jumlah personel 15 orang TNI dan dibantu dari aparat Pekon dan warga penerima bantuan. Adapun target penyelesaian bedah rumah ini selama tiga bulan,” ujar Dandim Arman.

Dandim juga memberikan saran agar masyarakat yang tinggal didaerah perbukitan untuk menanam pohon vetifer.

“Kemarin seluruh Dandim dikumpulkan untuk mendapat arahan dari Bapak Presiden. Arahan Presiden agar daerah yang rawan terjadi longsor menanam pohon vetifer, sebab pohon ini berakar serabut yang akarnya menancap hingga lima meter, dan ini dapat menimalisir terjadinya longsor,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu diserahkan juga bantuan peralatan sekolah kepada para siswa korban banjir.

Selain itu dilaksanakan juga Peletakan Batu Pertama oleh Bupati Hj. Dewi Handajani, didampingi Wakil Bupati Hi. AM Syafi’i, Dandim 0424 Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kadis PUPR Riswanda Djunaidi, Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Ediyan M. Toha.

Turut hadir Sekretaris Dinas PUPR Okta Rizal, Kabid Humas Ismail, Kabid Perumahan PUPR Ari Yudha, Uspika Kecamatan Semaka, serta Pj. Kakon Way Kerap.

EDITOR : adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Akhirnya, Kakon Sukaraja Minta Maaf Kepada RMOLLampung

 Boymin selaku Kepala Pekon (Kakon) Sukaraja Kecamatan Semaka, mengelar konferensi pers dengan media yang tergabung dengan DPD KWI...

Organisasi Pers Desak Kapekon Sukaraja Minta Maaf, Atau Mundur!

Dugaan pelecehan terhadap media online oleh Boymin selaku Kepala Pekon (Kapekon) Sukaraja Kecamatan Semaka, menuai kecaman beberapa organisasi...

Ingatkan Kakon Sukaraja, Pemkab Dan DPRD: Jaga Etika!

 Pernyataan Kepala Pekon (Kakon) Sukaraja Kecamatan Semaka, Boymin yang terkesan melecehkan media terkait pemberitaan, memantik Pemkab dan DPRD...

Remaja Di Tanggamus Terinfeksi Corona, 29 Orang Tes Swab

 Pasien Covid-19 di Tanggamus bertambah menjadi dua orang. Pasien 02 adalah seorang pria berusia 16 tahun warga Kecamatan...
Translate »