23.8 C
Bandar Lampung
Sabtu 6 Juni, 2020 00:02 WIB
Beranda NUSANTARA "Big Four" Menangkan 02 Sambil Gerogoti Elektabilitas 01

“Big Four” Menangkan 02 Sambil Gerogoti Elektabilitas 01

RMOLLampung. Sejumlah tokoh nasional dalam barisan Paslon 02 menguntung Prabowo-Sandiaga, kata pengamat UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, adanya “Big Four’ dalam barisan Prabowo.

Keempatnya adalah Rizal Ramli, Rachmawati Soekarnoputri, Titiek Soeharto dan Hashim Djojohadikusumo.

Adi menjelaskan, peran pertama yang dimainkan tokoh-tokoh tersebut adalah sebagai vote gatter, yaitu untuk mendulang suara.

“Karena bagaimanapun tokoh-tokoh itu punya pasar masing-masing, pasar elektoral,” kata Adi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (8/4).

“Rizal Ramli pasarnya tentu kelompok-kelompok kritis yang selama ini merasa tidak puas dengan kebijakan pemerintah. Mbak Titiek, tentunya dia ingin menyasar orang-orang yang merindukan kejayaan mendiang Soeharto,” imbuhnya.

Keempat tokoh itu, lanjut Adi, memang sengaja dipasang sebagai magnet elektoral untuk Prabowo-Sandi. Pasalnya, mereka semua memiliki segmentasi masing-masing di kalangan pemilih. 

Sementara, peran kedua yang dimainkan keempat tokoh itu adalah influencer. Ia menjelaskan, dalam peran ini semua tokoh berupaya untuk menghembuskan informasi positif tentang Paslon 02 kepada masyarakat luas.

“Dua hal ini yang saya kira 02 juga relatif terbantu. Karena bagaimanapun tokoh-tokoh ini memiliki basis loyalitas yang beda-beda,” pungkasnya. [hms]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Bantuan PKH Dan BPNT Di Pekon Sukaraja Semaka Carut Marut

 Carut marut terjadi dalam penyaluran Bantuan Kesejahteraan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)...

Tak Ada Yang Gratis, Rapid Test Pelaku Perjalanan Dinas Dibayari Pemerintah

 Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, membenarkan rapid test harus bayar Rp 350 ribu. Ia...

Rapid Test Di Diskes Lampung Bayar Rp 350 Ribu

 Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Cabang Lampung yang juga wali santri, mengeluhkan biaya rapid test yang terlalu...

Gempa Tektonik 4,9 SR Di Lepas Pantai Kabupaten Pesisir Barat

Gempa tektonik berkekuatan 4,9 scala richter (SR) menggetarkan Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung,Jumat (5/6), pukul 11.04 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),...
Translate ┬╗