29.4 C
Bandar Lampung
Selasa 14 Juli, 2020 10:44 WIB
Beranda DAERAH Bawaslu Awasi Pelantikan PPS Se-Bandarlampung

Bawaslu Awasi Pelantikan PPS Se-Bandarlampung

 Bawaslu Kota Bandarlampung dibantu dengan jajaran Kecamatan dan Kelurahan mengawasi pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Senin (15/6).

Yahnu Wiguno Sanyoto, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran yang menghadiri Pelantikan PPS Kecamatan Kedaton, Labuhanratu, Tanjungkarang Barat, dan Tanjungkarang Pusat mengatakan, pelantikan PPS ini seyogyanya dilakukan pada 22 Maret 2020 lalu.

Namun ditunda karena keluarnya Surat Keputusan KPU RI Nomor : 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 Tertanggal 21 Maret 2020 Tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

ÔÇ£Kemarin (14/6), kami diberitahukan oleh KPU Kota Bandarlampung melalui surat pemberitahuan bahwa Pelantikan PPS dilakukan hari ini (15/6) dengan membagi lokasi dan waktu pelantikan dan bimtek berdasarkan Koordinator Wilayah (Korwil), sehingga Bawaslu membagi tugas untuk menyesuaikan hal tersebut, dan saya mendapatkan tugas untuk menghadiri pelantikan di Kecamatan Kedaton, Labuhanratu, Tanjungkarang Pusat, dan Tanjungkarang Barat,ÔÇØ ujar Yahnu.

Dilantiknya PPS menandai dilanjutkannya tahapan Pilkada Tahun 2020 di Kota Bandarlampung yang sempat tertunda beberapa bulan, setelah pada tanggal 12 Juni 2020 yang lalu diundangkannya Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga atas PKPU 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Pengawasan pelantikan kali ini tidak hanya difokuskan pada tata cara, prosedur, dan mekanisme dari agenda pelantikan itu sendiri.

Lebih daripada itu, Bawaslu ingin memastikan bahwa KPU Bandarlampung memperhatikan standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

ÔÇ£Berdasarkan surat dari Sekretaris Jenderal KPU Nomor: 488/PP.08.2-SD/07/SJ/VI/2020, pelaksanaan tahapan pelantikan PPS memerlukan perlengkapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, sekurang-kurangnya terdiri dari : masker, thermometer infrared (thermo gun); dan/atau hand sanitizer,ÔÇØ pungkasnya.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Indikasi Manipulasi Data, Gakkumdu Investigasi PPS Tanjungraya

 Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Bandarlampung melakukan investigasi pertama terhadap penyelenggara pemilu yang diduga petugas PPS di...

RT Minta E-KTP, Bawaslu Didorong Fasilitasi Pengaduan Warga

 Beredar surat permintaan fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Elektronik (E-KTP) yang diduga berasal dari ketua RT di Bandarlampung.

Wali Kota Pastikan Anggaran Pilkada Bandarlampung Terpenuhi 15 Juli

 Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung memastikan anggaran pilkada di Bandarlampung akan terpenuhi. Wali Kota Herman HN...

Bawaslu Telusuri RT Minta Fotokopi E-KTP Warga Bandarlampung

 Beredar surat permintaan fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Elektronik (E-KTP) di Bandarlampung. Dalam potongan gambar yang tersebar, data...
Translate »