25.5 C
Bandar Lampung
Kamis 16 Juli, 2020 07:46 WIB
Beranda DAERAH Banjir Rob, BPBD Tanggamus Tunggu Rumah Hanyut Baru Ke Lokasi

Banjir Rob, BPBD Tanggamus Tunggu Rumah Hanyut Baru Ke Lokasi

 Banjir rob yang mengenangi permukiman dan rumah warga, di dua pekon Kecamatan Pematang Sawa, belum surut. Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) juga belum perlu turun ke lokasi banjir.

Kepada Kantor Berita RMOLLampung, Kepala BPBD Tanggamus, Ediyan M Toha, didampingi  Kabid Kedaruratan, Mansyur menjelaskan, bencana itu ada tingkatannya.

ÔÇ£Jika hanya tergenang belum mengakibatkan kerusakan, rumah hanyut atau terendam, kami tidak mesti turun ke lokasi, cukup dengan tertulis melalui proposal mereka akan mengkajinya,ÔÇØ jelasnya, Kamis (28/5).

Ia mengatakan, tim dari BPBD akan turun dan melakukan pendataan, kalau terdapat kerusakan dan kerugian yang diakibatkan dari banjir rob tersebut.

“Belum ada laporan kerusakan dan kerugian yang diakibatkan, apalagi saat ini personil BPBD yang sangat terbatas lagi dipokuskan pada penanganan Covid-19, juga tidak adanya dana siap pakai untuk membantu warga yang rumahnya tergenang,ÔÇØ jelasnya.

Ditambahkannya, untuk pembuatan tanggul pemecah ombak, warga setempat harus membuat proposal diketahui kepala pekon dan camat, dan diajukan ke-Bupati Tanggamus.

Camat Pematang Sawa, Agus Somad via pesan whatsaap mengatakan, banjir rob yang terjadi sejak Mingu (24/5) di Pekon Tikhom, menggenangi sedikitnya 25 rumah warga. Sementara di Pekon Karangbrak sekitar 15 rumah yang berada di dekat pantai.

“Untuk kerugian masih dalam tahap pendataan, menungu laporan resmi dari Penjabat Kepala Pekon setempat,ÔÇØ jelasnya.

EDITOR : Adi

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Melawan Arus, Ketua PAN Tanggamus Tetap ‘Pede’ Nyalon Ketua PAN Lampung

 Isu perpecahan di internal Partai Amanat Nasional (PAN) Tanggamus, mengemuka jelang Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 PAN Lampung.

Stunting Masih Tinggi, Bupati Minta PKK Dan Posyandu Tanggamus Lebih Aktif

 Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama wakilnya Hi. AM.Syafii, menghadiri sekaligus me-launching Penyerahan Bantuan Dana Operasional dan Pakaian Olahraga...

Mantan Pj Kakon Betung Pematang Sawa Diminta Kembalikan Aset Pekon

 Sejak dilantik tiga bulan lalu sebagai Penjabat Kepala Pekon (Kakon) Betung Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, tepatnya Senin...

Inspektorat Tanggamus Buka Kemungkinan Periksa Kepala SDN 1 Tiyuhmemon

 Inspektorat Kabupaten Tanggamus merasa miris dengan adanya tiga guru dengan status Tenaga Harian Lepas (THL) 5 tahun hanya...
Translate »