Dr. Yusdianto/Ist
RMOLLampung. Yusdianto berpendapat Andi Surya bisa kena pidana karena mengatasnamakan anggota parlemen ikut berkometar tentang oknum dosen yang diduga melecehkan mahasiswi UIN Raden Intan Lampung (RIL).

Pertanyaannya kemudian, kata pengamat Universitas Lampung itu, apakah urusan pelecehan itu juga ditangani oleh anggota DPD RI? “Saya kira sudah berlebihan atas fungsi dari DPD,” ujar Yusdianto.

Kecuali, kapasitas Andi Surya selaku pribadi, bukan sebagai anggota parlemen (DPD RI),  kata pengamat hukum dari Universitas Lampung tentang polemik pernyataan Andi Surya, Rabu (23/1).

DPD RI, sebagaimana Pasal 22D UUD 1945, menjalankan lima fungsi, yaitu legislasi, pertimbangan dan pengawasan yang berkaitan dengan (1) otonomi daerah, (2) hubungan pusat dan daerah,

Lalu, (3) pembentukan, pemekaran dan penggabungan daerah (4) pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi terkait daerah, dan (5) hal-hal berkaitan dengan perimbangan pusat dan daerah.

Hak imunitas itu, katanya, dalam rangka melaksanakan ketiga fungsi tersebut.

Ketua Tim advokat LKBH, Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung, Yudi Yusnandi, bersama civitas UIN RIL telah melaporkan pernyataan senator Andi Surya ke Polda Lampung.

Pasal yang dilaporkan : Pasal 27, ayat (3), Pasal 28, Pasal 36, Pasal 51, UU No.9 Tahun 2016 atas Perubahan UU No,11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kemudian, pasal 310 dan 311 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik. [hms]


Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here