32 C
Bandar Lampung
Sabtu 6 Juni, 2020 14:33 WIB
Beranda DAERAH AJI Minta Pemprov Buka Rekam Jejak Pasien Positif Covid-19

AJI Minta Pemprov Buka Rekam Jejak Pasien Positif Covid-19

 Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandarlampung meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung membuka rekam jejak kontak pasien positif Covid-19. Rekam jejak itu perlu diketahui publik guna meminimalkan penyebaran severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 atau SARS-CoV-2.

Pemerintah mengumumkan bahwa seorang warga di Lampung positif tertular virus Corona, Rabu, (18/3). Dia sebelumnya tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Saat ini, yang bersangkutan menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung.

Ketua AJI Bandarlampung Hendry Sihaloho mengatakan, pemerintah setempat perlu membuka informasi ihwal tempat-tempat yang pernah dilalui sang pasien. Begitu pula kontak dan waktu. Sehingga, bisa dilakukan tracing (pelacakan) untuk menekan penyebaran virus.

“Sebab, penyebaran virus Corona dipengaruhi oleh orang yang terinfeksi. Semestinya pemerintah secara berkala melaporkan informasi rekam jejak pasien karena ini berhubungan dengan penyebaran dan risiko penularan virus,” kata dia.

Dia juga mengingatkan pemerintah agar transparan kepada publik. Tidak menutupi atau menyembunyikan informasi yang berhubungan dengan virus Corona. Selain itu, memperbarui perkembangan penanganan Corona secara berkala.

“Pemerintah jangan sulit dihubungi jurnalis yang hendak meng-update kondisi terkini. Terlebih, bila jurnalis hendak mengonfirmasi temuan di lapangan,” ujarnya.

Khusus jurnalis, Hendry mengingatkan agar selalu menguji informasi yang diterima, termasuk pernyataan pemerintah. Tidak terpaku pada sumber-sumber primer tanpa mengamati kondisi di masyarakat. Selain itu, menggunakan narasumber yang kompeten, yaitu mereka yang memiliki wewenang untuk hal tersebut atau ahli dalam bidang dimaksud.

“Liputan jurnalis harus menyentuh hal-hal substansial ihwal Corona. Sehingga, publik mendapatkan gambaran utuh dan bisa bersikap. Kami juga mengimbau media massa untuk tetap fokus mengawal upaya penanggulangan krisis, sehingga dampak yang timbul di masyarakat dapat diminimalkan,” kata dia.

EDITOR : ADI

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Pasien Covid-19 Tidak Menularkan Virus Corona Setelah 11 Hari

                                                  Pasien Covid-19 tidak lagi menularkan virus corona setelah 11 hari mengidap penyakit tersebut. Pernyataan ini dikeluarkan oleh Pusat...

H+1 Lebaran Corona Capai 22.750, Sembuh 5.642, Meninggal 1.391 Orang

 Penambahan kasus positif virus corona baru atau Covid-19 pada H+1 Lebaran hari ini mengalami peningkatan signifikan.Berdasarkan data yang...

Lodewijk dan Ririn Kembali Bagi APD Dan Sembako Ke Warga Metro

 Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Golkar Lodewijk F Paulus kembali memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Kota Metro, Kamis (16/4).

MUI Pusat: Mati Sahid, Pemakaman Korban Covid-19 Tidak Boleh Ditolak

 Masyarakat kembali diingatkan untuk tidak menolak pemakaman jenazah korban wabah penyakit, termasuk Covid-19. Pemakaman jenazah...
Translate »