Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri)/Istimewa

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi pembicara di seminar yang digelar oleh Jurnalisme Profesional untuk Bangsa bertajuk “Membangun Optimisme dan Peluang di Tengah Ketidakpastian Global.”

Ketua Umum Partai Golkar itu menyampaikan, melalui transformasi ekonomi, pemerintah optimis menghadapi tantangan global. Untuk itu, peran sektor industri perlu ditingkatkan guna mengakselerasi transformasi ekonomi.

“Bagaimanapun sektor industri mampu menciptakan lapangan kerja yang masif, apalagi Indonesia memiliki visi menjadi lima besar ekonomi dunia di tahun 2045 nanti,” ujar Hartarto pada seminar yang digelar di Wisma Antara, Senin (3/2).

Pemerintah mengupayakan sejumlah kebijakan untuk mendorong transformasi ekonomi ini. Mulai dari sinergi kebijakan fiskal dan moneter, reformasi struktural, serta sustainablity.

Perekonomian global memang masih diliputi ketidakpastian, namun pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN yang tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi dunia dan negara maju menguatkan optimisme sendiri.

“Fakta ini menunjukkan, kawasan ASEAN, termasuk Indonesia, diharapkan menjadi kontributor dari perbaikan ekonomi dunia,” kata Hartarto.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here