23.3 C
Bandar Lampung
Jumat 7 Agustus, 2020 05:17 WIB
Beranda HUKUM ICW: Ungkap Yang Terlibat Pelarian Djoko Tjandra Selama 11 Tahun

ICW: Ungkap Yang Terlibat Pelarian Djoko Tjandra Selama 11 Tahun

Tim Bareskrim Polri berhasil menggelandang Djoko Tjandra dari persembunyiannya selama belasan tahun di Malaysia, Kamis malam (30/7).

“ICW mengapresiasi langkah Polri yang berhasil meringkus Djoko Tjandra,” ujar peneliti ICW, Kurnia Ramadhana seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.id, Jumat (31/7).

Kini, sambung Kurnia, ICW mendesak agar Joker, julukan yang dikenal Djoko Tjandra untuk kooperatif saat menjalani masa hukuman.

Bahkan, ICW meminta agar Joker dapat membongkar kepada penegak hukum terkait pihak-pihak yang turut membantunya dalam pelarian sejak 10 Juni 2009, tepatnya 11 tahun lalu.

“Spesifik pada Djoko Tjandra, ICW meminta untuk memberikan informasi kepada penegak hukum tentang pihak-pihak mana saja yang turut membantunya dalam pelarian selama sebelas tahun terakhir,” terang Kurnia

Handing Over

Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan penangkapan Djoko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra melalui proses handing over.

Polisi Diraja Malaysia yang  menangkap buronan kakap tersebut untuk kemudian diserahkan kepada Tim Bareskrim Polri di Kuala Lumpur.

Seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.id, Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang langsung  membawa pulang Djoko Tjandra ke Indonesia.

“Prosesnya handing over, jadi begitu bisa diamankan oleh rekan-rekan Polisi Diraja Malaysia selanjutnya langsung diserahkan ke kita,” ujar Listyo di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (30/7).

Sebelumnya, sang buron kakap bisa mendapatkan dua surat sekaligus dari Bareskrim Polri, yaitu surat jalan ke Pontianak dan surat bebas Covid-19.

“Hebatnya” lagi, Djoko Chandra melakukan tes swab di ruang kerja Brigjen Prasetijo Utomo.

Kerja sama dan bantuan Polisi Diraja Malaysia untuk Polri bukan baru sekarang dilakukan, tapi sudah sejak lama.

Utamanya sejak Indonesia gencar melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap pelaku pelaku aksi terorisme. Semisal Noordin M. Top.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Translate »