22.3 C
Bandar Lampung
Jumat 10 Juli, 2020 06:02 WIB
Beranda KAMPUS Husein Sampaikan Dugaan Maladministrasi Unila Ke Ombudsman

Husein Sampaikan Dugaan Maladministrasi Unila Ke Ombudsman

Rakhmat Husen DC menyampaikam adanya maladministrasi terkait penunjukan Nanang Trenggono sebagai juru bicara (jubir) Universitas Lampung.

Ketua Koalisi Masyarakat Lampung Untuk Pemilu Bersih (KRLUPB) itu bersama sekretarisnya, Arianto, datang ke Kantor Ombudsman Perwakilan Lampung, Jumat sore (13/3).

Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf didampingi dua orang asistennya menerima.kedatangan Rakhmat Husen DC dan Arianto.

ÔÇ£Kami menduga Rektor Unila melakukan maladministrasi dalam pengangkatan juru bicara,” kata Husein, panggilan Rakhmat Husein DC, kepada Kantor Berita RMOLLampung, Jumat (13/3), pukul 22.00 WIB.

“Kami sudah melihat dalam statuta Unila dalam pasal 39 tidak disebutkan ada jabatan juru bicara,ÔÇØ ujar Rahkmat Husein DC.

Menurut Rakhmat Husein, dalam statuta memang dibolehkan mengangkat juru bicara. Namun sebelumnya, statuta yang ada harus diubah dan dilaporkan ke Kemendibud.

ÔÇ£Faktanya, dalam mengangkat jubir, Unila tidak mengubah statutanya, dan melaporkannya ke Kemendibud,” tegasnya.

Ia menilai pembatasan penyampaian pendapat bagi dosen pasca-pengangkatan jubir merugikan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi.

ÔÇ£Sekarang, saya dengar dari temen-temen wartawan sudah ada dosen yang enggan menjadi narasumber,” kata aktivis yang pernah mengkoordinir aksi politik uang pada Pilgub Lampung 2018.

“Jika sudah seperti itu, siapa yang rugi? Masyarakat tentunya,” katanya.

Husein mengatakan tidak mungkin seorang dosen teknik bicara hukum.

KRLUPB juga menilai pelarangan oleh Jubir kepada dosen-dosen untuk bicara ke publik merupakan pelanggaran yang serius terhadap konstitusi.

Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung, Nur Rakhman Yusuf menyatakan, informasi yang disampaikan KRLUPB akan dipelajari.

“Sesuai SOP, ada beberapa mekanisme yang harus dilakukan sebelum akhirnya ditindaklanjuti,” paparnya.

Ia berjanji, secara kelembagaan, Ombudsman akan melakukan pembahasan terkait informasi yang disampaikan KRLUPB.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Baca Juga

Pengumuman Daftar Penulis Buku Time Capsule Diundur 20 Agustus

 Pengumuman daftar penulis Buku Time Capsule, diundur dari 6 Juli menjadi 20 Agustus 2020 dan diumumkan melalui website...

Di Balik Pembatalan Proyek Unila, Ada Nama Pensiunan Pejabat Bank Lampung

Baru kali ini, Universitas Lampung (Unila) membatalkan rencana tender proyek di lingkungannya. Kantor Berita RMOLLampung menyelusuri penyebabnya. Sebelumnya, setiap tahun, tender proyek selalu dihujani protes...

Antisipasi Joki UTBK, Unila Siapkan Metal Detektor

 Universitas Lampung (Unila) sudah menyiapkan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap pertama yang akan dilaksanakan pada 5-12 Juli...

Penanaman Perdana Melon Di Agrowisata Unila

   Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Lampung (Unila), Asep Sukohar melakukan penanaman perdana melon di Agrowisata Unila.
Translate »